LOKAKARYA PEKERTI-AA STIKES PRIMA NUSANTARA BUKITTINGGI

Surel Cetak PDF
Penilaian Pengguna: / 2
JelekBagus 

PELATIHAN PROGRAM PEKERTI-AA PRODI D IV BIDAN PENDIDIK

STIKES PRIMA NUSANTARA BUKITTINGGI

TAHUN 2011

Bukittinggi - STIKes Prima Nusantara Bukittinggi terus melakukan berbagai upaya untuk menghadapi tantangan global dalam menciptakan lulusan yang kompeten. Salah satu upayanya adalah mengadakan Pelatihan Program PEKERTI-AA bagi calon lulusan Prodi Dilpoma IV Bidan Pendidik.

Pelatihan Program PEKERTI-AA yang diselenggarakan oleh Prodi Diploma IV Bidan Pendidik STIKes Prima Nusantara Bukittinggi bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dosen dalam memilih strategi pembelajaran, rancangan pembelajaran mata kuliah/bimbingan praktik dan melaksanakan kegiatan belajar mengajar dan bimbingan termasuk penilaian hasil belajar serta evaluasi proses belajar mengajar. Hal ini merujuk pada tema yang diangkat yaitu “Menciptakan Dosen yang berkualitas, Loyalitas, dan mastery society untuk menerapkan paradigma pembelajaran dalam pengembangan sistim pembelajaran yang bermutu”.

Pelatihan ini dibuka secara resmi oleh Bapak Dr. Syarif Amal, SPM sebagai Ketua Yayasan Prima Nusantara Bukittinggi yang didampingi oleh Bapak Prof. DR. Syahron Lubis, M.Ed, ph.D sebagai Ketua Team Pelatihan Program PEKERTI-AA, Bapak H. Hendri Zoni, MH sebagai Bendahara Yayasan, Ketua STIKes Prima Nusantara Bukittinggi ; ibu Hj. Evi Susanti, S.ST, M.Biomed, Ibu Siti Nurkhasanah, S.ST sebagai Ketua Pelaksana, yang bertempat di gedung STIKes Prima Nusantara Bukittinggi. Pelatihan PEKERTI-AA ini dilaksanakan pada tanggal 24-25 September, 1-2 Oktober, 8-9 Oktober 2011 M/26-27 Syawal, 4-5 Dzulkaidah, 11-12 Dzulkaidah 1432 H. Adapun pemateri berasal dari Team Pelatihan Program PEKERTI-AA Universitas Negeri Padang.

Pentingnya peran Peningkatan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional dan Applied Approach yang disingkat dengan PEKERTI-AA merujuk pada UU RI Nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen dan Surat Direktorat Akademik Pendidikan Tinggi Nomor 0662/D2/2007 tentang PEKERTI-AA. Betapa Kedudukan dosen sebagai tenaga professional, berfungsi meningkatkan  martabat dan perannya sebagai agen pembelajaran, pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni, serta pengabdian pada masyarakat dalam rangka  meningkatkan mutu pendidikan nasional demikian penuturan Ibu Hj.Evi Susanti, S.ST, M.Biomed.

Dalam sambutan ketua program pekerti AA Prof.DR.Syahron Lubis M.Ed, ph.D, bahwa mulai tahun 2005 DIKTI melalui PAU-PPI UT selaku koordinator penyelenggaraan PEKERTI-AA telah merekonstruksi kurikulum PEKERTI dan AA. Hasil rekonstruksi telah dipublikasikan melalu Buletin PEKERTI-AA pada tahun 2007. Hasil rekonstruksi menetapkan Pelatihan PEKERTI-AA sebagai pelatihan tunggal dan terpadu bukan lagi pelatihan terpisah, karena perubahan peran DIKTI sebagaimana tertera dalam PP No. 15/2005 dan dalam rangka memberikan otonomi memberikan otonomi sepenuhnya kepada perguruan tinggi, maka mulai tahu 2007, sertifikat program PEKERTI-AA tidak lagi diterbitkan oleh Direktorat Akademik DIKTI, tetapi menjadi tanggungjawab sepenuhnya perguruan tinggi pelaksana program PEKERTI-AA.  Sertifikat PEKERTI-AA, baik yang diterbitkan oleh Direktorat Akademik DIKTI (sebelum tahun 2007) maupun yang selanjutnya akan diterbitkan oleh perguruan tinggi pelaksana program PEKERTI-AA, merupakan salah satu bukti keikutsertaan dosen dalam suatu pendidikan profesi, khususnya dalam bidang kompetensi pedagogik.(dikutip dari surat Direktorat Akademik DIKTI Nomor 0662/D2/2007 perihal PEKERTI-AA tanggal 30 Maret 2007).

Menurut penuturan ketua pelaksana ; Ada banyak hal yang dapat kita petik diantaranya adalah bahwa pengetahuan itu tidak dapat ditransfer, harus direkontruksi sendiri, Perbedaan Pembelajaran model lama dan model baru terletak pada pendekatan saja, Model lama teacher centre, siswa menerima saja, Model pembelajaran baru student centre learning. Yang lebih terpenting “Selama ini kita melakukan ranah kognitif tanpa mengedepankan ranah afektif”. Padahal Teori belajar itu terdiri dari psikologi tingkah laku, psikologi kognitif, psikologi humanisme, psikologi sibernetik karena Learning adalah active proccess sehingga manusia dipandang manusia seutuhnya atau yang akan mengalami perubahan. Semoga pelatihan ini dapat memberikan perubahan yang prima untuk STIKes kita ini.

Dengan memahami arti penting Program PEKERTI-AA ini, maka STIKes Prima Nusantara yang akan melantik dan mewisuda lulusan Sarjana Sain Terapan (S.ST) dalam disiplin Kebidanan yang memang dipersiapkan untuk menjadi Dosen serta Clinical Instruktur yang kompeten dan berkualitas, STIKes Prima merasa perlu untuk memfasilitasi kegiatan ini. Sehingga nantinya lulusan Sarjana Sain Terapan STIKes Prima Nusantara tidak sekedar mendapatkan ijasah akademik, namun juga sertifikat PEKERTI-AA.

 

Pertemuan Orang tua Mahasiswa

Surel Cetak PDF

PENGUMUMAN

Diberitahukan kepada seluruh mahasiswa baru Stikes Prima Nusantara Bukittinggi, bahwa akan Diadakan Pertemuan dengan orang tua mahasiswa dan mahasiswa  yang akan diselenggarakan pada :

Hari/Tanggal               : Senin /12 September 2011

Pukul                           : 09.00 – Selesai

Tempat                        : Kampus Stikes Prima Nusantara Bukittinggi, Jl.Kusuma Bakti No.99  Gulai bancah Bukittinggi

Khusus bagi Mahasiswa Prodi D III Kebidanan, Akan masuk Asrama mulai Tanggal  13 September 2011.

Demikianlah pengumuman ini, atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

 

Bukittinggi, 8 September 2011

Ketua

 

 

 

Hj. Evi Susanti, S.ST, M.Biomed

NIDN. 1008087301

 
Halaman 26 dari 28