Sarjana Terapan Kebidanan

Deteksi Dini Kanker Serviks se Kecamatan Mandiangin Koto Selayan, Bukittinggi

Surel Cetak PDF

STIKes Prima Nusantara Bukittinggi bekerjasama dengan TP-PKK, IBI Ranting Mandiangin II dan Kecamatan Mandiangan Koto Selayan Bukittinggi mengadakan kegiatan Deteksi Dini Kanker Serviks dan Kanker Payudara yang dilaksanakan di Kampus STIKes Prima Nusantara Bukittinggi di Laboratorium Kebidanan pada Hari Selasa tanggal 22 Januari 2019.

Kegiatan ini diikuti oleh lebih kurang 400 orang warga Kecamatan Mandiangi Koto Selayan Bukittinggi. Pemeriksaan dilakukan oleh Para Bidan dan Dokter Puskesmas se Kecamatan Mandiangin Koto Selayan Bukittinggi serta Dosen Kebidanan STIKes Prima Nusantara Bukittinggi dan juga melibatkan mahasiswi Sarjana Terapan Kebidanan STIKes Prima Nusantara Bukittinggi.

Sambutan dari Yayasan Prima Nusantara Bukittinggi, Bapak Dr. H. Henrizoni, SH, MH

Pembukaan oleh Ibu Walikota Bukittinggi, Ibu Yessi Ramlan Nurmatias

Kegiatan dibuka oleh Ibu Wali Kota Bukittinggi selaku Ketua PKK Kota Bukittinggi, Ibu Hj. Yessi Ramlan Nurmatias. Dan pada kesempatan itu, Yayasan Prima Nusantara yang diwakili oleh Dr. H. Hendrizoni, SH, MH selaku Bendahara Yayasan Prima Nusantara Bukittinggi menyampaikan rasa bangga karena STIKes Prima Nusantara Bukittinggi dipercaya oleh Pemko Bukittinggi sebagai tempat pelaksaan IVA Test. Turut hadir dalam pembukaan kegiatan Bapak Camat Mandiangin Koto Selayan, Polresta Bukittinggi dan KODIM 0304 Agam.

Foto bersama Pembukaan IVA Tes se Kecamatan Mandiangin Kota Selayan Bukittinggi

Kegiatan ini dihadiri oleh Pimpinan STIKes Prima Nusantara Bukittinggi yaitunya Ibu Dr. Hj. Evi Susanti, S.ST, M.Biomed sekaligus sebagai Ketua IBI Ranting Mandiangin II, Ns. Fauzi Ashra, S.Kep, M.Kep selaku Ketua STIKes Prima Nusantara Bukittinggi.

Kegiatan tersebut merupakan aktualisasi Dosen Kebidanan dan Mahasiswa Sarjana Terapan Kebidanan STIKes Prima Nusantara Bukittinggi dalam menunaikan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitunya Pengabdian pada Masyarakat.

Semoga kedepan STIKes Prima Nusantara Bukittinggi bisa tetap berkontribusi untuk meningkatkan kualitas Kesehatan Warga Kota Bukittinggi dan sekitarnya.

 

Pelatihan Perseptor Mentor 2018

Surel Cetak PDF

Pada tanggal 6-7 Oktober 2018, Program Studi Sarjana Terapan Kebidanan STIKes Prima Nusantara Bukittinggi telah menyelenggarakan acara "Pelatihan Peseptor Mentor bagi mahasiswa" dan "Pelatihan Perseptor Tahap Profesi Bidan". Acara seminar berlangsung dari pukul 08.00 - 20.00 WIB pada hari pertama dan kedua.

Narasumber pada kegiatan pelatihan ini adalah Dra. Jumaini Ilyas, M.Kes (Ketua AIPKIND Pusat), Yetty Leony Irawan, M.Sc (Sekretatis AIPKIND Pusat), Dwi Izzati, S.Keb, Bd, M.Sc (Dosen Univ. Airlangga, Lulusan S2 Kebidanan UK) yang merupakan tim pelatihan perseptor mentor dari Asosiasi Institusi Pendidikan Kebidanan Indonseia (AIPKIND) Pusat.

 

Acara Pelatihan Perseptor Mentor dibuka secara resmi oelh Ketua STIKes Prima Nusantara Bukittinggi, Bapak Ns. Fauzi Ashra, S.Kep, M.Kep. "Ini merupakan kesempatan yang sangat berharga bagi mahasiswa dan pembimbing klinik mendapatkan pelatihan langsung dari Tim dari AIPKIND Pusat", ungkap Ketua.

 

Lebih lanjut, Ketua dalam menyampaikan Pelatihan Perseptor Mentor akan meningkatkan kemampuan dan keterampilan Mahasiswa sebagai calon pembimbing Klinik dalam membimbing mahaswa profesi Bidan.

Setelah acara pembukaan, Pelatihan dibagi kepada dua ruangan, Pelatihan Perseptor mentor untuk mahasiswa dan pelatihan perseptor mentor untuk CI.

Materi dalam pelatihan ini yaitu mengenal prinsip pengajaran klinik, givving constructive feedback, manajemen pembelajaran klinik, pembelajaran orang dewasa, critical thinking dan clinical reasoning, bed side teaching, mini cex, dan role play, student assessment, pendidikan profesi bidan, beserta bidan sebagai profesi yang disampaikan oleh pemateri secara jelas dan rinci.

 

Setalah berlangsungnya pelatihan, diharapkan tujuan dari diadakannya pelatihan bisa tercapai, yaitu menambah pegetahun pembimbing lapangan dalam proses membimbing mahasiswa sehingga dapat meningkatkan kompetensi mahasiswa, serta meningkatkan kompetensi dan kemampuan pembimbing lapangan  dan pembimbing akademik dalam memfasilitasi proses pembelajaran di lahan praktik. Sehingga dapat menghasilkan profesi bidan yang jug berkpmpeten dan menghasikan pelayanan kesehatan yang berkualitas dan prfesional.

 

Pelatihan ini ditutup pada tanggal 7 Oktober oleh Ketua STIKes Prima Nusantara Bukittinggi dengan harapan ilmu yang sudah didapatkan, ilmu didapatkan dalam pelatihan ini dapat diaplikasikan lansung ketika nanti membimbing mahasiswa Bidan. Dra. Jumiarni Ilyas, M.Kes (Ketua AIPKIND Pusat) juga berpesan agar Bidan selalu mengembangkan diri dengan ilmu-ilmu dan keterampilan yang baru sehingga menambah kemampuan Bidan dalam mengembangkan profesi.

 
Halaman 1 dari 5